Selasa, 24 Februari 2009

Pacaran Yang Sehat

Ada beberapa indikator yang dapat digunakan untuk melihat kondisi pacaran yang sehat yaitu:

SaLing menghargai
Hubungan yang kita bangun tidak ada unsur pemaksaan kehendak dan sikapingin menang sendiri.Menghargai juga b'arti bhwa kita menghargai perbedaan pendapat atau pemikiran dari pasangan.

Percaya
Percaya bkn b'arti tidak boleh cemburu apabila pasangan kita dengancew/cow Lain. Tapi percaya b'arti kita yakin bhwa pasangan kita menCintai kita apa adanya, sehingga kita memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada pasangan kita untuk B'GAUL dan mengembangkan diri.

Kejujuran
Kejujuran tidak boleh dihilangkan dari keberadaan hubungan kita dengan pasangan kita. Karena kepercayaan akan menjadi SIA2 apabila ternyatakita atau pasangan kita TIDAK JUJUR satu sama Lain. Dengan demikian, komitmen yang dibangun akan terjaga dengan berlandaskan kepercayaan dan kejujuran.

Dukungan
dukungan sangat diperlukan oleh pasangan.Pacaran yang sehat menyediakan dukungan bagi pasangannya.ketika bersedih dan menangis atau ketika tertawa dan gembira. Berbagi dalam aneka situasi,baik duka maupun suka.

SejajarS
ejajar berarti kita saling memberi dan menerima. Masing2 pihak setara, tidak ada yang mendominasi dan di dominasi.DaLam hal ini jelas tidak dibenarkan adanya INTIMIDASI terhadap pasangan, baik secara finansial maupun emosional.

Kesepakatan
Pacaran membutuhkan suatu kesepakatan. Ini berarti bahwa kita tidak harus kehilangan apa yang ada di dalam diri kita.kita tidak harus mengikuti apa yang menjadi keinginan pasangan kita.kita masih bebas menjalin pertemanan dengan banyak orang lainnya, menggali bakat dan minat baru, serta bergerak maju meraih cita2.

Komunikasi yang baik
Laki2 dan perempuan berbicarakan dengan bahasa yang berbeda. kalimat yang sederhana dapat menjadi kompleks dan berbeda makna tergantung dari siapa yang mengatakannya. yang terpenting adalah menanyakan apa yang dimaksud dengan kaLimat yang di ucapkan oleh pasangan kita, jika kita memang kurang mengerti. Bicara secara jujur dan terbuka merupakan jaLan yang terbaik sehingg gKESALAHPAHAMAN tidak terjadi. Jangan takut berkata2 hanya karena khawatir perkataan itu akan menyinggung perasaan pasangan kita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar